Metode Lowest Supply Lowest Cost (LSLC) pada Masalah Transportasi Tidak Seimbang (Studi Kasus pada Distribusi Air Minum PT. Anugerah Berkah Bersaudara)

Fadjri, Amellia (2022) Metode Lowest Supply Lowest Cost (LSLC) pada Masalah Transportasi Tidak Seimbang (Studi Kasus pada Distribusi Air Minum PT. Anugerah Berkah Bersaudara). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_AMELLIA_FADJRI_17030086_1663_2022.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Masalah transportasi merupakan masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan dalam pendistribusian produk Salah satu faktor keberhasilan perusahaan dalam memaksimalkan keuntungannya adalah bagaimana perusahaan dapat memberikan produk pada waktu yang tepat dan dengan biaya transportasi yang rendah. Jika biaya transportasi yang dikeluarkan besar maka perusahaan akan mcndapatkan kcuntungan yang kccil. Masalah transportasi tidak scimbang meliputi ketidakseimbangan antara persediaan dan permintaan produk, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan masalah transportasi yang tidak seimbang pada PT Anugerah Berkah Bersaudara. Penyelesaian masalah ini menggunakan Stepping Sone menggunakan metode awal Lowest Supply Lowest Cost. Penelitian ini merupakan jenis pcncl itian tcrapan dcngan pcngam b ii an data sckundcr yang bcrasal dari PT Anugerah Berkah Bersaudara. Data yang digunakan adalah data jurnlah persediaan produk, data permintaan produk dan dan data biaya transportasi dari gudang ke tempat tujuan pada bulan Agustus 2021. Hasil perhitungan optimal menggunakan metode Stepping Stone adalah sebesar Rp.24.442.750. Hasil perhitungan ini mernbuktikan bahwa biaya transportasi lebih optimal dari pada biaya yang diperhitungkan oleh perusahaan pada bulan Agustus 2021 sebesar Rp.26.785.050 oleh karena itu, perusahaan dapat menghemat biaya sebesar 8% dari total biaya awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:28
Last Modified: 13 Jun 2022 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38183

Actions (login required)

View Item View Item