Pengaruh Penambahan Zat Aditif Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Polietilen Glikol (PEG) Dari Air Kelapa (Cocos nucifera)

Suryadinata, Adhitya (2022) Pengaruh Penambahan Zat Aditif Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Polietilen Glikol (PEG) Dari Air Kelapa (Cocos nucifera). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_Adhitya_Suryadinata_18036001_2430_2022.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Plastik Biodegradable merupakan plastik yang mudah terdegradasi oleh mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penambahan zat aditif virgin coconut oil pada plastik biodegradable berbasis selulosa bakteri-PEG dari air kelapa (Cocos nucifera) serta menentukan sifat fisik, mekanik dan biodegradasi. Penelitian ini menggunakan polietilen glikol 400 14% sebagai plastisizer dengan variasi volume virgin coconut oil yaitu 2 mL, 4 mL, 6 rn.L, dan 8 mL. Hasil pengujian sifat fisik yang diperoleh adalah nilai % kandungan air dan derajat penggembungan (swelling) semakin menurun seiring dengan penambahan volume virgin coconut oil. Hasil maksimum dari pengujian sifat mekanik yang diperoleh adalah pada penambahan virgin coconut oil 6 rnL dengan nilai kuat tarik yaitu 71,81 MPa yang mana ini sudah memenuhi standar SNI plastik sintetis yaitu dalam rentang 24,7-302 MPa, nilai elastisitas yang didapat yaitu 1819,275 MPa, dan nilai elongasi 3,9 % . Pada pengujian biodegradasi didapatkan hasil pada penguburan selama 15 hari sudah terdegradasi lebih dari 50% yang mana semakin banyak virgin coconut oil yang ditambahkan kemampuan biodegradasi plastik semakin menurun, tetapi ini masih jauh lebih baik dari pada plastik dari bahan sintetis yang bisa mencapai puluhan tahun. Pada analisis gugus fungsi dengan menggunakan FfIR menunjuk:an tidak adanya gugus fungsi baru yang terbentuk, dan basil analisis derajat kristalinitas pada plastik biodegradable didapatkan derajat kristanilitas plastik SB murni sebesar 83,75%, SBPEG sebesar 70,68%, dan SBPEG-V 6 mL sebesar 81.31 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:28
Last Modified: 13 Jun 2022 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38180

Actions (login required)

View Item View Item