Analisis Kestabilan Lereng pada Blok Timur Tambang Muara Tiga Besar Utara PT. Bukit Asam Tbk, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan

Febriadi, Andryan (2022) Analisis Kestabilan Lereng pada Blok Timur Tambang Muara Tiga Besar Utara PT. Bukit Asam Tbk, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_11_ANDRYAN_FEBRIADI_15137048_2283_2021.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

PT Bukit Asam Tbk merupakan badan usaha yang bergerak di bidang industri pertambangan batubara yang berpusat di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Penambangan Muara Tiga Besar Utara (MTBU) menggunakan sistem penambangan open pit, dimana penambangan open pit sangat membutuhkan perlakuan dari perhitungan dan analisis kestabilan lereng. Analisis kestabilan lereng dilakukan untuk mengetahui kondisi aktual lereng area ini dan mengevaluasi Sequence desain rencana penambangan. Analisis kestabilan lereng menggunakan metode limit equilibrium (kesetimbangan batas) Morgenstern-Price dan simulasi Monte Carlo untuk analisis probabilistik. Kemudian analisis sensitivitas juga dilakukan untuk dapat mengetahui parameter-parameter masukan yang berpengaruh. Pada penelitian ini analisis kestabilan lereng dilakukan dengan menggunakan penampang A-A' dan B- B' yang dapat mewakili kondisi lereng higwall, lowwall dan juga sidewall. Hasil analisis kestabilan lereng kondisi topografi aktual didapatakan FK 1.34 dan PK 1.6% untuk overall slope higwall, FK 2.28 dan PK 0% untuk overall slope lowwall, dan FK 1.89 dan PK 0% untuk overall slope sidewall. Kemudian hasil analisis kestabilan lereng desain rencana sequence Desember 2019 didapatkan FK 1.15 dan PK 9.3% untuk overall slope higwall, FK 1.83 dan PK 0% untuk overall slope lowwall, dan FK 1. 79 dan PK 0% untuk overall slope sidewall. Dari hasil analisis sensistivitas menunjukan bahwa parameter bobot isi jenuh, sudut geser dalam dan muka air tanah adalah parameter masukan yang berpengaruh. Sedangkan kohesi tidak menunjukan pengaruh yang terlalu signifikan. Karena hasil analisis rencana higwall menunjukan nilai yang tidak stabil, maka perlu dilakukannya monitoring untuk memantau lereng highwall dan penanganan sesuai standar monitoring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MTBU, Analisis Probabilitas, Analisis Sensitivitas
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:58
Last Modified: 10 Jun 2022 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38170

Actions (login required)

View Item View Item