Kajian Teknis Penentuan Geometri Peledakan Untuk Mengoptimalisasikan Pencapian Basil Peledakan CV. Tekad Jaya, Desa Lareh Sago Balaban, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat.

Wahyudi, Andre Tri (2022) Kajian Teknis Penentuan Geometri Peledakan Untuk Mengoptimalisasikan Pencapian Basil Peledakan CV. Tekad Jaya, Desa Lareh Sago Balaban, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_11_ANDRE_TRI_WAHYUDI_18137050_3320_2021.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penambangan Batu Gamping di CV. Tekad Jaya dengan sistem tambang terbuka (surface mining) dengan metoda penambangan Quarry. Adapun persentase fragmentasi hasil peledakan berukuran boulder yang dihasilkan saat ini dilapangan yaitu ± 35 % akibatnya diggability alat gali muat tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang geometri peledakan yang barn untuk mendapatkan hasil fragmentasi yang optimal sehingga hasil diggability menjadi optimal. Rekomendasi geometri peledakan yang menggunakan metode penlitian bedasarkan teori R.L. Ash dan C.J. Konya dan dari salah satu rancangan usulan geometri peledakan yang bagus akan diterapkan di lapangan sehingga didapatkan rancangan geometri peledakan yang optimum dari salah satu rancangan geometri peledakan tersebut untuk bisa diterapkan kedepannya bagi perusahaan. Dasar hasil penerapan di lapangan terhadap salah satu rancangan usulan geometri peledakan yaitu: burden: 1,9 m , spasi: 1,9 m, stemming: 1,4 m, subdrilling: 0,3 m, tinggi jenjang: 5 m, kedalaman lubang ledak 5,5 m, powder colomn: 4, 1 m, dan powder factor: 0,8 kg/m' dimana fragmentasi ukuran boulder yang dihasilkan dari analisis sowftware split desktop sebesar 3,17 %. Adapun digging time yang dihasilkan 9,63 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geometri Peledakan, Pertambangan
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:58
Last Modified: 10 Jun 2022 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38169

Actions (login required)

View Item View Item