Kontribusi Pendekatan Student Center Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Metode Studi Literatur (Library Research).

Jeli, Dedes Saputra (2022) Kontribusi Pendekatan Student Center Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Metode Studi Literatur (Library Research). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_9_DEDE_SAPUTRA_JELI_18073142_3123_2021.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kontribusi pendekatan student center learning terhadap hasil belajar siswa dengan metode studi literatur (library research). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besamya kontribusi pendekatan student center learning terhadap hasil belajar siswa dengan metode studi literatur (library research). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan metode analisa data berupa teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian disimpulkan bahwa rata-rata total keseluruhan hasil belajar sebesar 73.28, sehingga Terdapat Kontribusi Pendekatan Pembelajaran Student Center Learning (SCL) Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan pendekatan studi literatur (Library Research). Untuk mencari kontribusi pendekatan student center learning dikutip dari M. Muzamzam Diar Achda (2013) dengan judul Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Students Centered Leaming (Scl) Berbasis Handout Pada Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp N 1 Ungaran yang menggunakan subjek penelitian sebanyak 20 orang. Hasil data penelitian dilakukan Deskriptif Data untuk pembelajaran Students Centered Leaming (X), selanjutnya deskripftif data untuk hasil belajar (Y). Selanjutnya dilakukan Uji Normalitas untuk pembelajaran Students Centered Leaming (X) diperoleh taraf signifikan 0,487, a 0,05 dan untuk hasil belajar (Y) diperoleh taraf signifikan 0,749, a 0,05, sehingga diketahui nilai signifikan kedua variabel lebih besar dari 0,05. Seterusnya dilakukan uji linearitas, dilanjutkan dengan uji korelasi antara variabel X dan Y diperoleh pearson corelation = 0,620 hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan, karena r hitung > r tabel (0,534 > 0,316) pada a = 0,05 ini menunjukkan antara pendekatan student center learning (X) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan, selanjutnya dilakukan uji keberatian korelasi antara variabel X dan Y dengan kriteria yang dipakai adalah apabila t hitung > t tabel, maka hipotesis penelitian diterima karena t hitung 2,487 > t tabel 1, 729 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa "pendekatan student center learning berkontribusi (hubungan) terhadap hasil belajar" diterima dengan taraf signifikan 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Hasil belajar, Literatur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:57
Last Modified: 10 Jun 2022 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38159

Actions (login required)

View Item View Item