Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Powtoon di SMK Negeri 2 Padang

Wahyuni, Lifia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Powtoon di SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LIFIA_WAHYUNI_17053140_1791_2022.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran tidak hanya sebagai pendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran namun sebagai alat komunikasi yang mampu meningkatkan motivasi peserta didik dan menumbuhkan kreaktifitas dalam belajar, untuk itu perlu dikembangkan sesuai kebutuhan peserta didik. Pengembangan media pembelajaran aplikasi powtoon untuk mata pelajaran kearsipan dikembangkan dengan memperhatikan kelayakan indikator dari segi materi, media, bahasa dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developdment mengunakan model Dick and Carey, penelitian ini diujicobakan di SMK N 2 Padang pada siswa kelas X OTKP dengan memperhatikan saran kelayakan validator ahli yaitu materi, media, bahasa dan evaluasi yang berasal dari dosen dan guru yang kompeten dibidangnya. Hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa pengembangan media pembelajaran aplikasi powtoon untuk mata pelajaran kearsipan indikator materi yang dikembangkan sudah layak dilakukan karena sudah memcapai tingkat uji praktikalitas 98%. Dari segi penyajian kelayakan evaluasi yang disajikan sudah layak meskipun harus memperhatikan stimulus, objek dan tujuan mata pelajaran dengan merumuskan indikator secara operasional. Dari segi bahasa validator menyarankan pengembangan media pembelajaran kearsipan harus mempertimbangkan dan memperhatikan ketepatan pengunaan ejaa yang mengaju kepada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) seperti typo tulisan kalimat-kalimat yang digunakan dan belum memuat gambar asli. Berdasarkan validator ahli media, media yang disajikan sudah layak dikembangan dengan memperhatikan desain, pemilihan font, ketepatan penggunaan audio dan daya dukung media yang mudah dioperasikan. Selanjutnya uji praktikalitas dilihat dari respon guru dan siswa dalam penggunaan media, dalam uji praktikalitas yang harus diperhatiakan ialah kreatktifitas, efektivitas, efesiensi, interaksi, interaktif dan menarik Berdasarkan dari hasil penelitian ini saran yang dapat penulis berikan bagi guru ialah guru di SMK N 2 Padang dapat memanfaatkan aplikasi powtoon pada mata pelajaran kearsipan untuk kompetensi dasar penanganan surat masuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:20
Last Modified: 08 Jun 2022 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38147

Actions (login required)

View Item View Item