Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Metode Mengajar Khusus (MMK) terhadap Minat Jadi Guru Mahasiswa PKK

Dethia, Ouzri (2021) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Metode Mengajar Khusus (MMK) terhadap Minat Jadi Guru Mahasiswa PKK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_OUZRI_DETHIA_16075132_4461_2021.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis mengenai turunnya minat mahasiswa PKK untuk menjadi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi, prestasi belajar mata kuliah Metode Mengajar Khusus, minat jadi guru dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar mata kuliah Metode Mengajar Khusus terhadap minat jadi guru, serta adakah pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar mata kuliah Metode Mengajar Khusus secara bersama-sama terhadap minat jadi guru mahasiswa PKK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga angkatan 2016 berjumlah 125 mahasiswa terdiri dari 56 mahasiswa Tata Boga dan 69 mahasiswa Tata Busana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling berjumlah 52 mahasiswa terdiri dari 23 mahasiswa Tata Boga dan 29 mahasiswa Tata Busana. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk mengetahui masin-gmasing pengaruh antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar mata kuliahmetode mengajar khusus terhadap minat jadi guru mahasiswa PKK menggunakan teknik Korelasi Product Moment, sedangkan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan prestasi belajar mata kuliah metode mengajar khusus secara bersama-sama terhadap minat jadi guru mahasiswa PKK menggunakan Analisis Regresi Ganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap minat jadi guru (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:15
Last Modified: 07 Jun 2022 05:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38142

Actions (login required)

View Item View Item