Analisis Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis CTL pada Materi Fluida

Novisya, Dira and Desnita, Desnita (2020) Analisis Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis CTL pada Materi Fluida. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 4 (2). pp. 141-154. ISSN Print: 2614-0500 dan Online: 2620-553X

[img]
Preview
Text
52 DESNITA 16682-58213-1-PB.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/1668...

Abstract

Analisis kebutuhan menjadi landasan empiris dilakukannya sebuah penelitian pengembangan. Data dan kajian dihasilkan dari analisis kebutuhan yang lengkap dalam menghasilkan produk yang tepat. Pada penelitian ini analisis dilakukan sebagai studi awal untuk mengungkapkan kebutuhan stake holders terhadap video berbasis CTL untuk materi fluida. Diterapkan metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian terkait karakteristik siswa, sumber belajar, bahan ajar dan media pembelajaran. Prosedur pengumpulan data secara kuantitatif dan kulitatif menggunakan instrumen angket dan wawancara. Teknis analisis data kuantitatif mengolah dan mengkategorikan data sedangkan data kualitatif mereduksi, menyajikan dan verifikasi data. Didapatkan hasil karateristik siswa sudah baik, namun aspek minat menunjukan nilai terendah terutama memecahkan dan menemukan solusi terhadap masalah kehidupan sehari-hari. Media digunakan guru untuk mengajar fluida adalah Power Point, gambar dan video. Sumber belajar hanya buku teks dilengkapi dengan bahan ajar berbentuk ensiklopedi, modul dan LKS yang berisi kumpulan soal yang tidak memberi pengalaman menyelesaikan masalah sehari-hari. Temuan ini menunjukan bahwa penyebab minimnya minat siswa menyelesaikan masalah sehari-hari dan rendahnya hasil belajar siswa adalah media pembelajaran belum sesuai dengan kebutuhan. Dibutuhkan media yang dapat menfasilitasi siswa memecahkan masalah sehari-hari. Materi fluida yang memiliki banyak aplikasi sehari-hari, dibutuhkan media berupa video berbasis CTL. Video berbasis CTL selain dapat menampilkan fenomena secara utuh, video juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menganalisis secara menyeluruh dari fenomena yang ditampilkan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 04 Jun 2022 14:20
Last Modified: 04 Jun 2022 14:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38120

Actions (login required)

View Item View Item