Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa

Erpan, Alhadi and Nanda, Fadilah Fajria and Augustini, Millanie Chintya and Desnita, Desnita (2021) Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4 (2). pp. 120-128. ISSN 2655-1403

[img]
Preview
Text
67 DESNITA 16185-46369-1-PB.pdf

Download (628kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fis...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian meta-analisis yang bertujuan merangkup hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajran kooperatif terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat diketahui : besar dari effect size (ES) rata-rata, tipe model pembelajaran koperatif yang memiliki effect size paling besar dan pada jenjang pendidikan dan materi apa tipe model pembelajaran kooperatif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 20 hasil penelitian berupa artikel jurnal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ES rata-rata sebesar 0,98 yang berarti berpengaruh tinggi. Tipe model pembelajaran kooperatif yang paling berpengaruh adalah tipe Team Games Tournament (TGT) dengan rata-rata ES sebesar 1,26. Model pembelajaran kooperatif lebih berpengaruh pada jenjang pendidikan SMA dengan rata-rata ES sebesar 1,06 serta pada materi suhu dan kalor dengan ES sebesar 1,46 yang masuk kategori sangat tinggi.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:59
Last Modified: 03 Jun 2022 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38095

Actions (login required)

View Item View Item