Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan, Kelentukan Punggung dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Kemampuan Smash dalam Permainan Bulutangkis Atlet PB. Mahmuda Belimbing Padang

Pratama, Anggi (2021) Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan, Kelentukan Punggung dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Kemampuan Smash dalam Permainan Bulutangkis Atlet PB. Mahmuda Belimbing Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ANGGI_PRATAMA_16087008_2121_2021.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan smashdalam permainan bulutangkis atlet PB. Mahmuda Belimbing Padang yang belum baik.dan masih jauh dari yang diharapkan. Variabel dalam penelitian ini adalah daya ledak otot lengan, kelentukan punggung, daya ledak otot tungkai dan kemampuan smash. Tujuan penelitian adalah untuk melihat kontribusi daya ledak otot lengan, kelentukan punggung dan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis pada atlet PB. Mahmuda Belimbing Padang. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian adalah pemain Bulutangkis PB. Mahmuda Belimbing Padang yang berjumlah 23 pemain. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 pemain yaitu kategori pemula usia < 14 tahun dan kategori remaja usia < 16 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen variabel daya ledak otot lengan dengan two hand medicine ball put test, kelentukan punggung dengan sit and reach test, daya ledak otot tungkai denganvertical jump test dan kemampuan smashdengan tes jump smash. Teknik analisis data digunakan analisis korelasi sederhana pearson product moment korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Daya ledak otot lengan berkontribusi terhadap kemampuan smash pemain dengan hasil thitung 0,5855> ttabel 1,86 sebesar 5,41%. Kelentukan Punggung berkontribusi terhadap kemampuan smashpemain dengan perolehan thitung 1,05> ttabel 1,86 sebesar 15,72%. Daya ledak otot tungkai berkontribusi terhadap kemampuan smashpemain dengan perolehan thitung 0,92> ttabel1,86 sebesar 12,56%. Daya Ledak Otot Lengan, Kelentukan Punggung, dan Daya Ledak Otot Tungkai bersama-sama berkontribusi terhadap kemampuan smash pemain dengan perolehan Fhitung 18,67> Ftabel 5,32 sebesar 78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DAYA LEDAK OTOT LENGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:00
Last Modified: 03 Jun 2022 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38094

Actions (login required)

View Item View Item