Improving Student Learning Outcomes Through Physics Learning Media Using Macromedia Flash

Amelia, Rini and Salamah, Ummi and Abrar, M and Desnita, Desnita and Usmeld, Usmeld (2021) Improving Student Learning Outcomes Through Physics Learning Media Using Macromedia Flash. Journal of Education Technology, 5 (3). pp. 491-500. ISSN 2549-8290

[img]
Preview
Text
66 DESNITA jetmanager.pdf

Download (357kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET

Abstract

Dalam proses pembelajaran fisika, guru masih belum mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan software macromedia flash yang efektif dan efisien. Perlu dilakukan analisis artikel dari hasil-hasil penelitian terdahulu untuk memahami media yang tepat untuk pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis penelitian apa saja yang telah dilakukan dalam pengembangan media pembelajaran fisika mengunakan sofware macromedia flash dan untuk menganalisis effect size pengaruh media pembelajaran fisika mengunakan software macromedia flash ditinjau dari hasil belajar peserta didik berdasarkan tingkatan pendidikan, jenis media yang dikembangkan dan materi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian meta-analisis. Subjek penelitian ini yaitu 21 artikel tentang pengembangan media pembelajaran fisika mengunakan software macromedia flash ditinjau dari hasil belajar peserta didik yang telah diujicobakan di kelas terbitan tahun 2011-2020. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menghitung effect size menggunakan parameter statistik. Hasil penelitian yaitu efektivitas terbaik media pembelajaran fisika mengunakan software macromedia flash ditinjau dari hasil belajar peserta didik berdasarkan tingkatan pendidikan adalah pada Perguruan Tinggi. Efektivitas terbaik media ditinjau dari hasil belajar peserta didik berdasarkan jenis media yang dikembangkan adalah multimedia. Efektivitas terbaik media pembelajaran fisika ditinjau dari hasil belajar peserta didik berdasarkan materi pembelajaran adalah pada materi gerak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang menggunakan software macromedia flash merupakan media yang dapat membanti siswa dalam belajar.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:59
Last Modified: 03 Jun 2022 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38092

Actions (login required)

View Item View Item