Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Modul Praktikum pada Materi Pembubutan Ulir Kelas XI Teknik pemesinan di SMK N egeri 1 Tanjung Raya

Febrio, Rahman (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Modul Praktikum pada Materi Pembubutan Ulir Kelas XI Teknik pemesinan di SMK N egeri 1 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_7_RAHMAN_FEBRIO_16067098_3574_2021.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Pentingnya media pembelajaran praktikum bagi siswa SMK memegang peranan penting dalam menunjang praktikum di sekolah. Kurangnya media pembelajaran khususnya untuk praktikum membuat siswa kewalahan dalam mencari referensi yang sesuai dengan materi pada kurikulum. Pengembangan media pembelajaran hams sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Diperlukan kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam membuat media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, Khususnya Modul. Pembubutan Ulir merupakan satu materi pada praktikum Teknik Pemesinan Bubut. Siswa di tuntut bisa membuat berbagai macam ulir. Media Pembelajaran yang yang terbilang minim khususnya pembubutan ulir membuat siswa tidak memiliki ke ahlian dalam proses pembuatan ulir.Tujuan penelitian ini menghasilkan modul pratikum pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut khususnya Pembuatan Ulir segitiga sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah R&D (research and development) yang mengadopsi Four D Models dengan beberapa tahap yang pertama pendefinisian kemudian dilanjutkan dengan tahap pembuatan desain tampilan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Modul Praktikum yang di buat untuk pembelajaran pembuatan Ulir Segitiga mendapatkan penilaian sangat layak dari beberapa validator diantaranya ahli materi dan ahli media. Berdasarkan pendapat guru Modul yang dikembangkan masuk kedalam kategori sangat layak. Kesimpulan dari riset ini bahwa modul praktikum ini layak di gunakan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya sebagai bahan tambahan yang dapat digunakan untuk belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mesin Bubut, Teknik Mesin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 31 May 2022 08:05
Last Modified: 31 May 2022 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38068

Actions (login required)

View Item View Item