Simulasi dan Analisisi Implan Limited Contact­ Dynamic Compression Plate Tulang paha Manusia dengan Metode Finite Element Analysis

Latif, M. Nasyarudin (2022) Simulasi dan Analisisi Implan Limited Contact­ Dynamic Compression Plate Tulang paha Manusia dengan Metode Finite Element Analysis. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_7_M. NASYARUDIN_LATIF_16067020_3674_2021.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Limited Contact­Dynamic Compression Plate (LC-DCP) merupakan pelat implan yang digunakan di bidang ilmu medis terutama ortopedi untuk menyambung tulang paha yang patah. Tetapi masih terdapat kegagalan implan patah salah satu kasus yang di jelaskan pada penelitian ini. Penyebab kegagalan implan disebabkan adanya beban besar yang dialami pasien dan desain pelat implan yang kurang efisien. Penelitian ini bertujuan menganalisis kekuatan implan tulang paha manusia menggunakan metode Finite Element Analysis (FEA) untukmengetahui hasil apakah implan tersebut bisa patah jika ada beban yang melebihi batas wajar.Di samping itu penelitian bertujuan membuat desain implan prototype sebagai eksperimen untuk membandingkan hasil analisisdesain prototypedengan implan tulang paha manusia yang patah. Desain pelat pada penelitian ini dikerjakan menggunakanCAD Autodesk Inventor Professional 2019. Terdapat 4 desain pelat diantaranya 1 desain Konvensional dan 3 desain prototype dengan pemilihan material yaitu 326L, Ti-6Al-4V, dan Co-28Cr. Boundary Condition yang diterapkan yaitu Axial Load, Bending Load, dan Torsionl.oad dengan pembebanan 800 N. Hasil yang didapat adalah Von Misses Stress, Displacement, dan Safety Factor. Dari hasil penelitian yang didapatkan, Von Misses Stress Axial Load pada desain Konvensional menggunakan material 316L sebesar 171.682 MPa dan Safety Factor 1.368. jika pelat Konvensional menggunakan material Ti-6Al-4V nilai Von Misses Stress Axial Load sebesar 120.15 MPa dan Safety Factor 6.891. Desain pelat implan terbaik pada hasil penelitian ini yaitu pada desain prototype 1 menggunakan material Ti-6Al-4V dengan Nilai Von Misses Stress Axial Load sebesar 104 MPa dan Safety Factor sebesar 7.961.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tulang Paha, Tulang Manusia
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 31 May 2022 08:05
Last Modified: 31 May 2022 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38065

Actions (login required)

View Item View Item