Perbandingan Basil Pengaplikasian Lipstik Rosella (Hibiscus Sabdariffa) Dengan Produk Kosmetik Lipstik Paten Pada Rias Wajah Malam Hari

Febbyanti, Viola (2021) Perbandingan Basil Pengaplikasian Lipstik Rosella (Hibiscus Sabdariffa) Dengan Produk Kosmetik Lipstik Paten Pada Rias Wajah Malam Hari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_VIOLA_FEBBYANTI_17078055_5586_2021.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Lipstik pada umumnya mengandung zat wama yaitu pewama alami dan pewama sintetis. Pewama alami dapat merupakan pewama yang besaral dari tumbuhan, hewan atau dari sumber mineral, sedangkan pewama sintetis adalah pewama yang biasa dibuat oleh pabrik yang bahan bakunya menggunakan bahan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk: a) Untuk menganalisis effect wama yang di hasil pada pengaplikasian lipstik bunga rosella dengan produk kosmetik lipstik paten pada rias wajah malam.b) Untuk menganalisis daya tahan dari hasil pengaplikasian lipstik bunga rosella dengan produk kosmetik lipstik paten pada rias wajah malam. c) Untuk menganalisis kesukaan panelis terhadap lipstik bunga rosella dan produk kosmetik lipstik paten pada rias wajah malam. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan design one-shoot case study. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tata rias dan kecantikan tahun 2017 UNP dengan sampel sebanyak 4 orang. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa checklist dengan teknik analisa data yang digunakan yaitu uji t­ test. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata­rata hasil pengaplikasian lipstik rosella indikator effect wama yaitu 3, 79, daya tahan 3,57, dan kesukaan panelis 3, 14. Sedangkan pada hasil pengaplikasian produk kosmetik lipstik paten indikator kesukaan panelis yaitu 3,14, effect wama 3,07, dan daya tahan 2,71. Terdapat perbedaan hasil pengaplikasian lipstik rosella (Hibiscus Sabdariffa) dengan produk kosmetik lipstik paten pada rias wajah malam hari pada indikator effect wama 0,016 dan daya tahan 0,003 (p<0,05) dan tidak terdapat perbedaan hasil pengaplikasian lipstik rosella (Hibiscus Sabdariffa) dengan produk kosmetik lipstik paten pada rias wajah malam hari pada indikator kesukaan panelis 1,000 (p>0,05). Saran sebaiknya untuk rias malam hari menggunakan lipstik rosella agar wama yang dihasilkan lebih intens dan dapat menutupi wama bibir yang gelap serta tahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 May 2022 07:00
Last Modified: 31 May 2022 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38051

Actions (login required)

View Item View Item