Kausalitas Infrastruktur Jalan, Urbanisasi dan Kesejahteraan Masyarakat di Indonesia: Pendekatan Vector Error Correction Model (VECM)

Syafira, Dini Dwi (2022) Kausalitas Infrastruktur Jalan, Urbanisasi dan Kesejahteraan Masyarakat di Indonesia: Pendekatan Vector Error Correction Model (VECM). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_DINI_DWI_SYAFIRA_16060082_2136_2022.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Respon infrastruktur jalan akibat adanya shock urbanisasi dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. (2) Respon urbanisasi akibat adanya shock infrastruktur jalan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. (3) Respon kesejahteraan masyarakat akibat adanya shock infrasturktur jalan dan urbanisasi di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dan Asosiatif, dengan data yang digunakan adalah jenis data sekunder berupa time series dari tahun 1987 sampai dengan 2018 yang didapatkan dari lembaga dan instansi terkait. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptifdan analisis induktif. Pada analisis induktif terdapat beberapa uji yang harus dilakukan yaitu : (1) Uji akar unit, (2) Penentuan Lag Optimum, (3) Uji Stabilitas, (4) Uji Kausalitas Granger, (5) Uji Kointegrasi, (6) Uji VECM, (7) Uji IRF dan (8) Uji FEVD Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam jangka pendek urbanisasi dan kesejahteraan masyarakat tidak berkontribusi terhadap variabilitas infrastruktur jalan di Indonesia. (2) Dalam jangka panjang, urbanisasi dan kesejahteraan masyarakat masing-masing berkontribusi dalam infrastruktur jalan. (3) Dalam jangka pendek infrastruktur jalan mengkontribusi variabilitas urbanisasi dan kesejahteraan masyarakat tidak berkontribusi. (4) Dalam jangka panjang, kesejahteraan masyarakat paling berkontribusi dalam mempengaruhi variabilitas urbanisasi. (5) Dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, infrastruktur jalan dan urbanisasi berkontribusi terhadap variabilitas kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada pemerintah untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan yang merata di Indonesia dan mampu meningkatkan urbanisasi ke arah yang lebih positif sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 May 2022 06:59
Last Modified: 31 May 2022 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38044

Actions (login required)

View Item View Item