Pengembangan Instrumen Penialian Keterampilan Sains pada Pembelajaran Fisika SMA

Ilmi, Nazwatul and Desnita, Desnita and Handoko, Erfan and Zelda, Betty (2016) Pengembangan Instrumen Penialian Keterampilan Sains pada Pembelajaran Fisika SMA. In: Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, 2016, Jakarta.

[img]
Preview
Text
16 DESNITA 3949-Article Text-6921-1-10-20171001.pdf

Download (578kB) | Preview
Official URL: http://lib.unj.ac.id/tugasakhir/index.php?p=show_d...

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran fisika menggunakan pendekatan keterampilan proses untuk mengembangkan keterampilan ilmiah siswa. Berdasarkan temuan dilapangan diperoleh bahwa instrumen penilaian yang digunakan guru di lapangan belum sesuai dengan proses yang dilakukan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Instrumen yang dikembangkan dibatasi pada materi rangkaian arus searah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Instrumen yang dikembangkan berjumlah tiga puluh lima butir soal tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Indikator keterampilan proses sains yang dikembangkan yaitu mengamati, merumuskan hipotesis, mengidentifkasi variabel, menginterpretasi data, mengkomunikasikan, dan menerapkan konsep. Validasi ahli dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dengan skala Likert.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 30 May 2022 14:22
Last Modified: 30 May 2022 14:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38033

Actions (login required)

View Item View Item