Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dilengkapi dengan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Didik SMA

Aprianti, Rika and Desnita, Desnita and Budi, Esmar (2015) Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dilengkapi dengan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Didik SMA. In: Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 2015, Jakarta.

[img]
Preview
Text
9 DESNITA 4996-Article Text-8630-1-10-20171209.pdf

Download (271kB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsn...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis contextual teaching and learning dengan dilengkapi media audio-visual. Penelitian ini akan dilakukan pada di SMA Negeri 3 Pamulang pada bulan November - Desember 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Modul dibuat dalam bentuk cetak sedangkan media audio-visual berupa video yang dikemas dalam bentuk keping CD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan pengumpulan dokumen kuesioner dari instrumen penelitian yang telah divalidasi. Responden yang terlibat, yaitu: ahli materi, ahli media, guru fisika SMA dan siswa SMA kelas X. Hasil validasi digunakan sebagai bahan revisi untuk selanjutnya modul akan diujicobakan pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada tahap ini dilakukan menggunakan instrument tes formatif berbentuk soal pilihan ganda yang diukur pada awal (pretest) dan akhir (posttest) pembelajaran. Hasil akhir penelitian ini diharapkan modul berbasis contextual teaching and learning dengan dilengkapi media audio-visual dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi optika geometri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 30 May 2022 08:10
Last Modified: 30 May 2022 08:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38026

Actions (login required)

View Item View Item