Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja lndustri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK N egeri 1 Kecamatan Guguak

Huddia, Dini (2022) Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja lndustri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK N egeri 1 Kecamatan Guguak. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_7_DINI_HUDDIA_16067006_3523_2021.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara pengalaman praktek kerja industri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK N 1 Kecamatan Guguak. Banyak siswa dan lulusan SMK yang lebih tertarik untuk bekerja dibanding dengan berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan. Sementara persaingan dalam mencari pekerjaan di industri semakin ketat dan membuat para lulusan kesulitan dan hams berjuang keras untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Mengingat hal tersebut menumbuhkan minat berwirausaha siswa merupakan hal penting dan tidak mudah. Disamping itu juga perlu partisipasi dari beberapa faktor pendukung dari dalam dan luar diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak sebanyak 267 siswa. Sampel penelitian sebagai wakil dari populasi diambil sebanyak 93 siswa dari 2 jurusan dimana 20 siswa dijadikan sampel uji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman praktek kerja industri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa dengan dengan (P value 0,0005 < a 0,05) dan persentase masing-masing untuk variabel pengalaman praktek kerja industri dapat meningkatkan minat berwirausaha sebesar 32,9% dan untuk variabel lingkungan keluarga dapat meningkatkan minat berwirausaha sebesar. 62,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Praktek Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Minat, Berwirausaha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 31 May 2022 02:18
Last Modified: 31 May 2022 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38025

Actions (login required)

View Item View Item