Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Usaha dan Energi di SMA: Sesuai Kurikulum 2013

Leonda, Muhamad Adrian and Desnita, Desnita and Budi, Agus Setyo (2015) Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Usaha dan Energi di SMA: Sesuai Kurikulum 2013. In: Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 2015, Jakarta.

[img]
Preview
Text
8 DESNITA PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING 4993-Article Text-8624-1-10-20171209.pdf

Download (356kB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsn...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dengan pendekatan langkah-langkah problem based learning, dimana langkah–langkah kegiatan ini dirancang terutama untuk membantu peserta didik mengembangkan pemikiran mereka, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektual, dimana dengan pengalaman mereka melalui situasi nyata atau simulasi dan menjadi pelajar yang mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (development research) dengan tahapan 1) mengkaji tuntutan standar kurikulum dan inventarisasi permasalahan guru; 2) perancangan modul, pembuatan modul dan uji validasi oleh tenaga ahli; 3) tahap implementasi, modul diuji cobakan terhadap siswa SMA kelas XI untuk mengetahui penilaian siswa terhadap modul. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan pembelajaran fisika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 30 May 2022 08:01
Last Modified: 30 May 2022 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38023

Actions (login required)

View Item View Item