Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Kecantikan Di Kota Bukittinggi

Pariska, Rahayu Primadona (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Kecantikan Di Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RAHAYU_PRIMADONA_PARISKA_17078135_5585_2021.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Agar tidak terjadinya penurunan pelanggan, maka salon hams memperhatikan dan meningkatkan kualitas layanan agar pelanggan merasa puas dan terns menjadi langganan pada salon tersebut. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pesaingan bisnis pada masing-masing salon kecantikan khususnya di Kota Bukittinggi terns mengalami peningkatan, keadaan tersebut mendorong pengelola salon hams mencari cara untuk menciptakan keunggulan bersaing. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan salon kecantikan di Kota Bukittinggi. Penelitian mi merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Pada penelitian ini digunakan 30 pelanggan yang diambil secara acak sebagai subjek. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner (angket) yang disusun menurut skala likert dengan penyusunan dalam bentuk kalimat yang berbentuk positif dan negatif yang berhubungan dengan kedua variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kualitas layanan yang diberikan setiap salon kecantikan di kota bukittinggi sebesar 87% tergolong dalam kategori baik yang ditinjau dari indikator reliability sebesar 90% dengan kategori sangat baik, responsivenesssebesar 82% dengan kategori baik, assurancesebesar 85% dengan kategori baik, empathy sebesar 88% dengan kategori baik, tangible sebesar93% dengan kategori sangat baik. Tingkat kepuasan pelanggan sebesar 87% tergolong dalam kategori baik yang ditinjau dari indikator tercapainya harapan pelanggan 81 % dengan kategori baik, terpenuhinya kebutuhan pelanggan sebesar 85% dengan kategori baik, tercapainya keinginan pelanggan sebesar 87% dengan kategori baik, keinginan untuk menggunakan pelayanan yang sama kembali sebesar 84% dengan kategori baik, keinginan untuk merekomendasikan salon sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukam bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan adalah 0,833 dengan koefisien korelasinya bersifat positif. Saran dari hasil penelitian yaitu agar karyawan atau pengelola salon terns berusaha meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan kepada pelanggan, agar tingkat kepuasan yang dirasakan pelanggan dapat selalu diwujudkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 May 2022 02:18
Last Modified: 31 May 2022 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38020

Actions (login required)

View Item View Item