Pengembangan Set Praktikum Berbasis Data Logger pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas XII Materi Rangkaian Arus Listrik Searah

Karlina, Dwiokta Muthia Putri and Desnita, Desnita and Nasbey, Hadi (2015) Pengembangan Set Praktikum Berbasis Data Logger pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas XII Materi Rangkaian Arus Listrik Searah. In: Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 2015, Jakarta.

[img]
Preview
Text
6 DESNITA PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM BERBASIS DATA LOGGER 4991-Article Text-8620-1-10-20171209.pdf

Download (405kB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsn...

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan set praktikum berbasis data logger untuk pembelajaran fisika kelas XII SMA materi rangkaian arus listrik searah. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan bentuk awal produk; (4) Uji lapangan dan revisi produk; (5) revisi produk akhir; dan (6) diseminasi dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Adapun responden penelitian ini adalah responden ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA juga responden uji lapangan yang merupakan siswa SMAN 2 Bekasi dan SMA Kartini 1 Jakarta. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa: pengembangan set praktikum secara umum sudah sangat baik dengan kesesuaian hasil expert judgement dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli media pembelajaran sebesar 86.12%, hasil validasi ahli materi fisika sebesar 88.75%, serta hasil validasi guru fisika SMA sebesar 92.37 % yang berarti set praktikum dinilai sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal kepada siswa di SMA Negeri 2 Bekasi didapat penilaian sebesar 82.80%, sedangkan uji coba lapangan operasional kepada siswa di SMA Kartini 1 Jakarta didapat penilaian sebesar 84.05% yang dikatakan set praktikum sangat baik. Pada kedua uji coba lapangan menunjukkan bahwa produk mendapat respon positif dari siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 30 May 2022 07:43
Last Modified: 30 May 2022 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38019

Actions (login required)

View Item View Item