Hubungan Tingkat Pengetahuan Bahaya Paparan Sinar Matahari dengan Penggunaan Sunscreen oleh Mahasiswa Kepelatihan Olahraga Angkatan 2018 Universitas Negeri Padang

Sofia, Mita (2021) Hubungan Tingkat Pengetahuan Bahaya Paparan Sinar Matahari dengan Penggunaan Sunscreen oleh Mahasiswa Kepelatihan Olahraga Angkatan 2018 Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MITA_SOFIA_17078122_5484_2021.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena seringnya Mahasiswa Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Padang melakukan praktek diluar ruangaan yang berada dibawah paparan sinar matahari, namun sebagian besar mahasiswa tersebut masih banyak yang tidak menggunakan sunscreen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa Kepelatihan Olahraga terhadap bahaya paparan sinar matahari, 2) mengetahui tingkat penggunaan sunscreen oleh mahasiswa Kepelatihan Olahraga 3) mengetahui hubungan tingkat pengetahuan bahaya paparan sinar matahari dengan penggunaan sunscreen oleh mahasiswa Kepelatihan Olahraga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Kepelatihan Olahraga Angkatan 2018 Universitas Negeri Padang sebanyak 236 orang. Sedangkan Teknik penarikan sampel dengan metode Random Sampling menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan sampel sebanyak 70 orang. Jenis data yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan kuisioner/angket. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji analisis koefisien korelasi rank sprearman. Berdasarkan basil penelitian ini setelah dilakukan teknik analisis korelasi Rank Spearman maka didapatkan nilai signifikansi 0,012 artinya terdapat hubungan antara kedua variabel dengan tingkat kekuatan hubungan antara variabel sebesar 0,299 dikategorikan cukup, serta dengan arah hubungan yang positif sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 May 2022 06:36
Last Modified: 30 May 2022 06:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38010

Actions (login required)

View Item View Item