Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Wajah Dehidrasi dengan Teknologi di SMK Kecantikan

Adinda, Aurelia (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Wajah Dehidrasi dengan Teknologi di SMK Kecantikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AURELLIA_ADINDA_17078101_5532_2021.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran pada perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi berupa video pembelajaran. Permasalahan di temukan pada materi ini karena siswa masih kesulitan memahami konsep-konsep pembelajaran dari buku ajar dan jobsheet serta guru hanya mendemontrasikan sebagian dari kegiatan perawatan wajah dengan teknologi yang berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah a) untuk mengembangkan media video pembelajaran perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi, b) mengetahui tingkat kevalidan dan praktikalitas media video pembelajaran perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi di SMK N egeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan langkah 4-D. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI tata kecantikan SMK Negeri 7 Padang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang diberikan dengan langsung. Teknik analisis data dengan menghitung skor penilaian media video dari angket yang diberikan dan dikategorikan sesuai dengan interprestasi yang diperoleh. Perolehan hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran yang telah dikembangkan dengan model pengembangan 4-D, hasil validasi desain media sebesar 0,74 dengan kategori valid dan untuk validasi materi 0,85 dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas kelompok kecil didapatkan dari siswa sebesar 83,31% dengan kategori sangat praktis, nilai praktikalitas kelompok besar didapatkan dari siswa sebesar 98,96 % dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas didapatkan dari guru sebesar 94,62% dengan kategori sangat praktis. Dari perolehan hasil tersebut, maka media video pembelajaran telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. Adapun saran yang peneliti berikan terkait hasil penelitian ini, yang pertama kepada guru untuk dapat menggunakan media video pembelajaran ini sebagai referensi dalam pembelajaran dikelas, bagi siswa media video ini sirankan untuk memanfaatkan video ini dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar, bagi jurusan tata rias dan kecantikan media video ini dapat digunakan saat proses pembelajaran perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 May 2022 02:00
Last Modified: 25 May 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37978

Actions (login required)

View Item View Item