Bentuk Komunikasi Nonverbal Guru dalam Proses Belajar Mengajar Siswa Tunarungu di SLB Perwari Padang: Deskriptif kualitatif

Sari, Putri Purnama (2022) Bentuk Komunikasi Nonverbal Guru dalam Proses Belajar Mengajar Siswa Tunarungu di SLB Perwari Padang: Deskriptif kualitatif. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_PUTRI_PURNAMA_SARI_16003168_722_2022.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan siswa tunarungu yang sedang melakukan proses belajar mengajar menggunakan komunikasi nonverbal atau menfungsikan semua organ tubuh dan juga berbagai macam ekpresi yang diperlihatkan dalam berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bentuk komunikasi nonverbal guru dalam proses belajar mengajar bagi siswa tunarungu di SLB Perwari padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deksriptif kualitatif dengan menjabarkan peristiwa atau fenomena. Tiga orang Guru yang mengajar siswa tunarungu yaitu pada tingkat SD, SMP dan SMA menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, kemudian dari basil tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan tubuh guru seperti bahasa isyarat sangat penting bagi siswa tunarungu pada saat proses belajar mengajar agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik, artikulasi dan gerak bibir guru hams jelas dengan intonasi sedang dan jarak antara guru dengan siswa hams dekat, agar siswa paham dengan yang disampaikan guru. Guru juga harus memperhatikan ketepatan waktu berkomunikasi dalam menyampaikan materi untuk mendapatkan respon yang diharapkan. Ketika siswa sedang bersedih pada saat proses belajar mengajar berlangsung, maka guru akan melakukan sentuhan yang dapat menunjukkan rasa kasih sayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI NONVERBAL, ANAK TUNARUNGU, BELAJAR MENGAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:37
Last Modified: 16 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37975

Actions (login required)

View Item View Item