Cerita Asal-usul Penamaan Jorong di Kanagarian Sianok VI Suku Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam: Tinjauan Fungsi dan Nilai

Azzahra, Nabila (2022) Cerita Asal-usul Penamaan Jorong di Kanagarian Sianok VI Suku Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam: Tinjauan Fungsi dan Nilai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NABILA_AZZAHRA_18017112_2046_2022.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan; (1) cerita asal-usul penamaan Jorong di Kanagarian Sianok VI Suku Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, (2) fungsi sosial cerita asal-usul penamaan Jorong di Kanagarian Sianok VI Suku Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam dan (3) nilai-nilai dari cerita asal�usul penamaan Jorong di Kanagarian Sianok VI Suku Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa perekaman tuturan, dan pencatatan cerita dari informan, Pengabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi. Setelah hasil rekaman dan data didapatkan, kemudian ditranskripsikan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Hasil transkripsi ditransliterasikan, ditandai dan data diinventarisasi ke dalam format dari bahasa Minang ke bahasa Indonesia. Setelah itu data dianalisis dengan empat tahapan yaitu, tahap inventarisasi data, tahap klasifikasi atau analisis data, tahap pembahasan serta kesimpulan dari hasil analisis data, dan tahap pelaporan. Hasil dari penelitian ini adalah cerita asal-usul penamaan Jorong Sianok berasal dari nama pendatang pertama kali di nagari tersebut yakni dari Inyiak Anok, nama lambah berasal dari topografi wilayah Jorong Lambah yang letaknya lebih rendah dari Jorong lainnya yang ada di Kanagarian Sianok VI Suku, dan Jorong Jambak sendiri memiliki arti kebun atau lahan. Selain itu pada cerita asal�usul penamaan Jorong di Kanagarian Sianok VI Suku ditemukan fungsi sosial mendidik dan mewariskan, pada Jorong Lambah terdapat fungsi mendidik dan untuk Jorong Jambak ditemukan fungsi mendidik dan Jati diri. Sedangkan untuk nilai-nilai pada cerita penamaan Jorong Sianok ditemukan nilai moral, untuk cerita penamaan Jorong Jambak ditemukan nilai moral dan nilai sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 May 2022 02:32
Last Modified: 24 May 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37943

Actions (login required)

View Item View Item