Hubungan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional

Akbar, Ilham (2022) Hubungan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_1_FEBRIAN_DANDI_17062032_3128_2021.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berasal dari masalah berkurangnya kualitas mahasiswa sebagai calon guru untuk menjadi pendidik yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara soft skills mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan kesiapan menjadi guru profesional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 orang mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2015 dan 2016 yang telah lulus mata kuliah PPLK. Jenis instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan angket online dengan acuan skala Likert, yang terdiri dari 49 pertanyaan dengan 5 pilihan jawaban. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara soft skills mahasiswa Pendidikan Tekinik Bangunan dengan kesiapan menjadi guru profesional. Nilai korelasi yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 23.0 mendapatkan hasil pada interval 0,600-0,799 yang tergolong dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,668. Hasil uji thitung yang dicari menggunakan rumus yaitu sebesar 6,088 dan nilai itu lebih besar dari nilai ttabet dengan nilai acuan 2,013 yang berarti terdapat hubungan yang signikan antara soft skills mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan kesiapan menjadi guru profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Soft Skills, Guru Profesional, Teknik Bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 May 2022 02:31
Last Modified: 24 May 2022 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37927

Actions (login required)

View Item View Item