Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat Lullaby Malelakan Anak Masyarakat Kampung Seberang Tarok Nagari Lakitan Selatan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Syafriani, Mia Refli (2022) Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat Lullaby Malelakan Anak Masyarakat Kampung Seberang Tarok Nagari Lakitan Selatan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MIA_REFLI_SYAFRIANI_18017066_2031_2022.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Nyanyian rakyat kelonan (lullaby) adalah folklor lisan yang digunakan masyarakat setempat untuk menidurkan anak, nyanyian rakyat lullaby ini mempunyai irama yang menenangkan sehingga menimbulkan rasa tenang dan kantuk pada sang anak. Nyanyian rakyat lullaby ini tersebar di seluruh nusantara, salah satunya di Kampung Seberang Tarok Nagari Lakitan Selatan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Namun sayangnya nyanyian rakyat lullaby ini semakin hari semakin punah karena pengaruh zaman dan tidak adanya pendokumentasian nyanyian rakyat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian sastra, fenomena kemanusiaan yang datanya diperoleh dari pengamatan dan informasi dari informan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur dan fungsi sosial nyanyian rakyat lullaby Malelakan Anak masyarakat Kampung Seberang Tarok Lakitan Selatan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, serta sebagai upaya pendokumentasian nyanyian rakyat lullaby Malelakan Anak agar tidak benar-benar punah tergerus zaman. Data penelitian berupa nyanyian rakyat lullaby Malelakan Anak. Lokasi penelitian adalah di Kampung Seberang Tarok Nagari Lakitan Selatan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pendekatan etnografi dimana peneliti terlibat, melihat, dan bertanya kepada informan untuk memahami nyanyian rakyat lullaby Malelakan Anak di Kampung Seberang Tarok. Penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu, tahap identifikasi dan klasifikasi data, dan tahap pembahasan dan penyimpulan klasifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukan adanya struktur fisik dan struktur batin, dan fungsi sosial. Struktur fisik nyanyian rakyat lullaby Malelakan Anak meliputi, tipografi: memiliki 143 baris dan 35 bait; diksi; citraan, kata konkret, versifikasi: rima, terdapat rima aa-bb dan rima ab-ab, aliterasi dan asonansi, kakafoni dan efoni, anafora dan epifora; dan bahasa figurative. Struktur batin nyanyian rakyat lullaby Malelakan Anak meliputi, tema, perasaan, nada dan suasana, dan amanat. Nyanyian rakyat lullaby Malelakan Anak memiliki fungsi sosial sebagai sarana kreatif dan rekreatif, sebagai sistem proyeksi dan pembangkit semangat, aspek Pendidikan, dan sebagai pewarisan tradisi lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 May 2022 02:31
Last Modified: 24 May 2022 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37925

Actions (login required)

View Item View Item