Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika berdasarkan Kategori Analisis Kesalahan Newman

Fitri, Mutiara Jannatul (2022) Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika berdasarkan Kategori Analisis Kesalahan Newman. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_1_MUTIARA_JANNATUL_FITRI_16029120_4157_2020.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang dapat membentuk peserta didik berkualitas dan digunakan secara luas dalam kehidupan. Pada proses pembelajaran matematika peserta didik merasa matematika adalah materi yang sulit. Terlihat dari hasil belajar peserta didik yang rendah.Rendahnya hasil belajar diakibatkan karena kesulitan peserta didik saat belajar. Kesulitan yang dialami peserta didik akan mengakibatkan terjadinya kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika.Untuk mengetahui kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan peserta didik maka dilakukan analisis kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh dalam menyelesaikan soal-soal matematika berdasarkan kategori analisis kesalahan newman.Dalam penelitian ini dibatasi pada materi pola bilangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII.5 SMP Negeri 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik melakukan kesalahan : (1) kesalahan membaca soal sebesar 5,69%, (2) Kesalahan memahami soalsebesar 14,69%,(3) Kesalahan transformasisebesar 23,70%,(4) Kesalahan keterampilan sebesar 26,54%,(5) Kesalahan menulis jawaban akhir sebesar 29,38%. Faktor internal yang menyebabkan peserta didik mengalami adalah bakat peserta didik yang rendah, kebiasaan belajar peserta didik yang hanya belajar dijadwal belajar matematika, dan kefokusan peserta didik yang terpecah.Faktor eksternal yang menyebabkan peserta didik mengalami kesalahan adalah lingkungan keluarga yaitu motivasi dan dorongan dari keluarga dan ketersediaan orang tua mendampingi peserta didik dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peserta Didik, Matematika, Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 May 2022 08:31
Last Modified: 20 May 2022 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37908

Actions (login required)

View Item View Item