Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan pada Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Padang.

Mukhlis, Diniah (2022) Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan pada Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_6_DINIAH MUKHLIS_15045067_1761_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar atau ulangan harian siswa yang menurun paling signifikan pada KD 3.4 mengenai dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan (rata-rata 70.9 dari 36 siswa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi mata pelajaran geografi mengenai dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan serta upaya yang dilakukan siswa dan guru dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualtitatif. Teknik penentuan informan penelitian dengan mengunakan metode purposive sampling yaitu guru geografi dan siswa siswi kelas X IIS yang hasil belajar dalam KD 3.4 yang terdiri dari 20 dari 36 orang siswa tidak tuntas atau dibawah KKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi yang sulit dipahami siswa yaitu materi yang membahas mengenai sejarah perkembangan bumi dan teori-teori pembentukan tata surya. Pada materi sejarah perkembangan bumi, siswa kesulitan dalam menentukan periode-periode dan tahun dalam satu era serta perkembangan apa yang yang terjadi dalam periode tersebut sehingga siswa kesulitan untuk memahami dan menghapalnya. Sedangkan untuk materi teori pembentukan tata surya, siswa kesulitan dalam membedakan satu teori dengan teori lainnya. Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yaitu kurangnya membaca dan tidak mengulang pelajaran, serta metode dan media pembelajaran yang kurang efektif. Upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi kesulitan memahami materi pelajaran yaitu belajar sendiri dengan membaca kembali buku pelajaran, browsing dan searching di internet, bertanya kepada teman dan guru. Sedangkan upaya yang dilakukan guru yaitu mengulang dan mengulas kembali materi, mengadakan remedial, serta melakukan evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kesulitaan Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 May 2022 08:31
Last Modified: 20 May 2022 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37902

Actions (login required)

View Item View Item