Implementasi Kebijakan Penggunaan Kantong Plastik oleh Masyarakat dan Pelaku Usaha dalam Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals (SDGS) di kota padang.

Yorenza, Yorenza (2022) Implementasi Kebijakan Penggunaan Kantong Plastik oleh Masyarakat dan Pelaku Usaha dalam Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals (SDGS) di kota padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_5_YORENZA_16042040_4216_2021.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan penggunaan kantong plastik oleh masyarakat dan pelaku usaha dalam mencapai tujuan sustainable development goals (SDGs) di Kota Padang. Produksi sampah di Kota Padang, saat ini mencapai 700 ton per hari dan didominasi sampah plastik. Pola pembiasaan masyarakat yang tanpa disadari menyebabkan sulit melepaskan diri dari penggunaan kantong plastik yang berujung menjadi sampah. Fenomena ini, jelas bertentangan dengan tujuan Sustainable Development Goals dalam mengurangi dampak buruk dari produksi dan konsumsi plastik yang berlebihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi kebijakan belum optimal dikarenakan komunikasi antara implementor yang belum maksimal di sisi lain berbagai upaya himbuan dan sosialisasi sudah dilakukan, tetapi masyarakat masih melihat bahwa kebersihan dan pengelolaan persampahan adalah tanggung jawab pemerintah. Berdasarkan hal tersebut Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang harus meningkatkan intensitas kegiatan sosialisasi secara fokus dan berkala. Selain itu, diperlukan lokasi pilot project pengelolaan sampah berbasis masyarakat pada daerah yang berpotensi khususnya pada daerah yang belum terlayani. Penerapan kantong plastic berbayar baru diterapkan dibeberapa ritel usaha modern. Selain itu harga minimal yang dikenakan untuk plastik berbayar juga sangat murah, yaitu minimal Rp 200 (dua ratus rupiah), sehingga cenderung tidak mengubah perilaku konsumen untuk membawa tas sendiri waktu berbelanja. Sementara itu payung hukum kebijakan plastik berbayar pun belum ditetapkan. Selama ini bentuknya baru berupa Surat Edaran, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan belum menerbitkan Peratutan Menteri, sehingga Pemerintah Daerah pun belum menerbitkan Peraturan Daerah untuk mengimplementasikannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Kantong Plastik, Masyarakat, Pelaku Usaha
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 May 2022 04:08
Last Modified: 18 May 2022 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37897

Actions (login required)

View Item View Item