Pelaksanaan Kode Etik Aparatur Sipil Negara di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Datar

Hanafiah, Ranti (2022) Pelaksanaan Kode Etik Aparatur Sipil Negara di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_5_RANTI_HANAFIAH_16042167_4083_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelaksanaan kode etik ASN di Kabupaten Tanah Datar. Pelaksanaan kode etik ASN dimaksudkan untuk menciptakan ASN yang professional, bertanggungjawab dan beretika dalam pekerjaannya. Namun masih terdapat kendala yang dihadapi, diantaranya rendahnya kesadaran Aparatur Sipil Negara terutama dalam kedisiplina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kode etik aparatur sipil negara dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kode etik Aparatur Sipil Negara di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan suatu keadaan atau peristiwa sebagaimana adanya. Pemilihan informan memakai Teknik Purpose Sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dikelompokkan dalam 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kode etik ASN kurang efektif dan belum terlaksana dengan baik, karena terdapat kendala diantaranya kualitas dari sumber daya manusia yang tidak memiliki kemampuan dibidangnya, masih kurangnya pelaksanaan sosialisasi secara langsung. Masih ada Aparatur Sipil Negara yang tidak masuk jam kerja, tidak ada keterangan kalau tidak masuk kerja. Masih terdapat Aparatur Sipil Negara yang melakukan tindak pidana perjudian, tindak pidana asusila dan korupsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik, Aparatur Sipil Negara, Sumberdaya Manusia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 May 2022 03:21
Last Modified: 18 May 2022 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37889

Actions (login required)

View Item View Item