Rendahnya Minat Mahasiswa Jurusan Statistika Universitas Negeri Padang Mengikuti Organisasi Mahasiswa Menggunakan Analisis Faktor

Purba, Mhd Iqbal Utama (2021) Rendahnya Minat Mahasiswa Jurusan Statistika Universitas Negeri Padang Mengikuti Organisasi Mahasiswa Menggunakan Analisis Faktor. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_MHD_IQBAL_UTAMA_PURBA_17037034_6046_2021.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Organisasi mahasiswa merupakan bentuk kegiatan di perguruan tinggi dan tempat pengembangan diri bagi mahasiswa kearah per luasan terhadap wawasan praktik kehidupan bernegara serta menjadi salah satu media penghubung antara dunia pendidikan kampus dan kehidupan bermasyarakat. N amun pada kenyataannya masih sedikit nya minat mahasiswa dalam mengikuti organisasi mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Statistika. Hal ini dapat mempengaruhi kurangnya keaktifan mahasiswa Jurusan Statistika dalam kegiatan kampus maupun diluar kampus. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan populasi Mahasiswa Program Studi Statistika D3/S 1 FMIP A UNP angkatan 2018-2020 yang tidak mengikuti organisasi mahasiswa pada semester Januari-Juni 2021. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 198 respondendan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Variabel dalam penelitian ini sebanyak 13 variabel Hasil penelitian ini menunujukkan terdapat enam faktor yang mempengaruhi rendahnya minat mahasiswa Jurusan Statistika UNP tidak mengikuti organisasi, yaitu untuk Faktor 1 (Fl), yang dicirikan oleh variabel merasa tidak mampu, variabel tidak ingin terikat kontrak dengan hima. Faktor 2 (F2) yang dicirikan oleh variabel dilarang orangtua, membantu pekerjaan orangtua, bekerja. Faktor 3 (F3) yang dicirikan oleh variabel pengaruh senior. Faktor 4 (F4) yang dicirikan oleh variabel susah masuk kelingkungan baru, lebih senang terlibat kepanitiaan. Faktor 5 (F5) yang dicirikan oleh variabel kurang percaya diri. Faktor 6 (F6) yang dicirikan oleh variabel pengaruh teman, tidak dapat mengatur waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 May 2022 08:09
Last Modified: 13 May 2022 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37861

Actions (login required)

View Item View Item