Karakteristik Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang

Elvina, Vania (2022) Karakteristik Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_VANIA_ELVINA_17016187_2030_2022.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Kedua, mendeskripsikan kebahasaan teks berita karya siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini, yaitu struktur, dan kaidah kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti peneliti sendiri, maksudnya peneliti bertugas untuk menetapkan fokus penelitian memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas temuannya. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang ditinjau dari segi struktur teks berita berada pada kategori kurang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari ketidak mampuan siswa mengungkapkan keempat bagian struktur teks berita. secara umum, siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang hanya mampu mengungkapkan kepala berita dalam teks berita yang ditulis. Dalam penulisan tubuh berita siswa sudah mampu menghadirkan struktur tersebut tetapi masih banyak penulisan yang belum tepat. Siswa belum mampu menghadirkan bagian struktur tubuh dan ekor berita. hal tersebut dapat dibuktikan dari teks berita siswa terdapat 20 teks yang memiliki judul, 20 teks yang memiliki kepala berita, 17 teks yang memiliki tubuh berita, dan 18 teks memiliki ekor berita. Kedua, jika dilihat dari kebahasaannya, teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang telah menggunakan keenam kaidah kebahasaan teks berita. dari dua puluh teks berita yang telah dianalisis, ditemukan dua teks siswa yang tidak menggunakan bahasa baku, sebelas teks siswa tidak menggunakan kalimat langsung, tiga belas teks siswa tidak terdapat penggunaan konjungsi bahwa, dua belas teks yang tidak terdapat penggunaan kata kerja mental, empat teks yang tidak menggunakan keterangan waktu dan tempat, serta enam belas teks yang tidak terdapat penggunaan konjungsi temporal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, struktur dan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang berada pada kategori kurang baik. Hal ini dikarenakan pada bagian struktur teks berita masih ditemukan teks berita yang tidak memiliki tubuh dan ekor berita. Kemudian, pada bagian kebahasaan teks berita siswa masih tidak lengkap dan terdapat ketidaktepatan penggunaan aspek kebahasaan teks berita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 May 2022 08:09
Last Modified: 13 May 2022 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37860

Actions (login required)

View Item View Item