Struktur dan Diksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar

Rahmat, Novriandes (2022) Struktur dan Diksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NOVRIANDES_RAHMAT_17016161_1760_2022.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan strukur teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung. Kedua, mendeskripsikan penggunaan ditinjau dari segi penulisan, bentuk, dan makna dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Salimpaung di kelas VIII. Teknik penggumpulan data dilalukan dengan dokumentasi. Dokumen yang digunakan adalah kumpulan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung, yang dikumpulkan saat pembelajaran bahasa Indonesia semester 1.Instrumen penelitian ini adalah penelitian sendiri yang dibantu dengan format�format dan buku referensi. Penganalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisisan data kulitatif dengan cara redukasi data, penyajian data, dan ferifikasi data. Hasil penelitian ada dua. Pertama, ditemukan tiga bagian struktur teks eksplanasi, yaitu identifikasi fenomena, rangkaian kejadian, dan ulasan di dalam tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung. Kedua, ditemukan ketepatan diksi yang lebih dominan berdasarkan kesalahan penulisan, pembentukan, dan ketepatan makna dalam tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal. Pertama, menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung yang telah menggunakan tiga struktur teks eksplanasi. Ketiga struktur teks eksplanasi tersebut, yaitu identifikasi fenomena, rangkaian kejadian, dan ulasan. Hal itu terbukti dari semua teks eksplanasi yang telah dianalisis, sebagaian besar siswa menulis teks eksplanasi dengan lengkap menggunakan unsur identifikasi fenomena, rangkaian kejadian, dan ulasan. Kedua, jika dilihat dari penggunaan diksi siswa dalam penggunaan diksi sudah tepat. Teks yang dianalisis siswa lebih dominan tepat dalam penulisan diksi, meskipun juga terdapat kesalahan dalam pembentukan dan salah dalam penggunaan makna teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salimpaung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 May 2022 08:09
Last Modified: 13 May 2022 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37859

Actions (login required)

View Item View Item