Pengaruh Strategi GIST (Generating Interaction between Schemata and Text) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung

Rahmi, Elsya (2022) Pengaruh Strategi GIST (Generating Interaction between Schemata and Text) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ELSYA_RAHMI_17016141_1879_2022.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung sebelum menggunakan strategi GIST. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung sesudah menggunakan strategi GIST. Ketiga, menganalisis pengaruh strategi GIST terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung yang terdaftar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 62 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan tenik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebelum menggunakan strategi GIST dan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sesudah menggunakan strategi GIST. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan strategi GIST. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebelum menggunakan strategi GIST siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata-rata 51,82. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sesudah menggunakan strategi GIST siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 80,00. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis kerja (H₁) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (n-1) karena

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 May 2022 08:09
Last Modified: 13 May 2022 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37858

Actions (login required)

View Item View Item