Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan lndikator lndeks Pembangunan Manusia Tahun 2020 Menggunakan Analisis Biplot

Anggraini, Lisa (2021) Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan lndikator lndeks Pembangunan Manusia Tahun 2020 Menggunakan Analisis Biplot. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_LISA_ANGGRAINI_18037037_4737_2021.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memperlihatkan tingkat pembangunan sumber daya manusia di suatu wilayah, sehingga dapat dijadikan tolak ukur angka kesejahteraan suatu daerah atau negara. Terdapat 11 Provinsi yang memiliki capaian IPM diatas rata- rata angka nasional termasuk Provinsi Sumatera Barat. Akan tetapi, masih terdapat Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat memiliki pencapaian dibawah rata-rata angka nasional. Kondisi pembangunan manusia yang belum merata akan menyulitkan pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemetaan untuk melihat indikator indeks pembangunan manusia yang mencirikan masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat sehingga dapat diketahui kabupaten/kota apa saj a yang harus diprioritaskan dalam membangun manusia. Analisis yang dapat digunakan adalah analisis biplot. Biplot adalah salah satu analisis multivariat yang dapat memberikan informasi berupa penyajian secara visual segugus objek dan variabel dalam satu grafik tentang kedekatan antar objek yang diamati, keragaman variabel, korelasi antar variabel serta nilai variabel pada suatu objek dapat digunakan untuk memetakan Kabupaten/Kota berdasarkan indikator indeks pembangunan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. Variabel dalam penelitian ini ada 4 yaitu angka harapan hidup (X1), harapan lama sekolah (X2), rata-rata lama sekolah (X3), dan pengeluaran per kapita (X4). Objek dalam penelitian ini adalah 19 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Tampilan biplot memberikan informasi bahwa pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan indikator indeks pembangunan manusia menghasilkan 8 kelompok. Pada Kabupaten/Kota yang berada di Kelompok 5,6,7, dan 8 perlu dilakukan peningkatan dalam bidang kesehatan, pendidikan, serta sektor ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 May 2022 07:34
Last Modified: 12 May 2022 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37855

Actions (login required)

View Item View Item