Pengembangan Buku Elektronik IPA Terpadu Berorientasi Pendekatan Proses Sains pada Materi Pemanasan Global untuk Peserta Didik Kelas VII SMP

Maiduri, Sandra (2021) Pengembangan Buku Elektronik IPA Terpadu Berorientasi Pendekatan Proses Sains pada Materi Pemanasan Global untuk Peserta Didik Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_SANDRA_MAIDURI_16231067_5554_2021.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Abad 21 menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dimana pendidikan abad ini menciptakan lulusan sumber daya pemikir dan siap bersaing. Kurikulum 2013 menjadi jawaban atas pendidikan abad 21. Penerapan Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan ilmiah dan mengharuskan pembelajaran IPA dilaksanakan secara terpadu. Kenyataan di sekolah terdapat kendala yaitu minimnya sumber belajar yang menarik untuk menumbuhkan minat baca peserta didik. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan buku elektronik IPA terpadu berorientasi Keterampilan Proses Sains (KPS). Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan dan menentukan validitas terhadap buku elektronik IP A terpadu berorientasi KPS . Jenis penelitian yang dilakukan adalah design research dengan menggunakan model Plomp. Objek penelitian ini adalah buku elektronik IPA terpadu berorientasi KPS pada materi pemanasan global untuk peserta didik kelas VII SMP. Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputi dosen jurusan pendidikan IP A FMIP A sebagai validator. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, lembar obsevasi peserta didik, lembar evaluasi diri sendiri, dan lembar validitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif terhadap validitas produk. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai validitas diperoleh nilai rata-rata 87 ,5 % dengan kriteria sangat valid. Uraian nilai validitas tertera dapat dilihat dari empat aspek yaitu aspek kelayakan isi 84,96 % dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan 84,96 % dengan kategori sangat valid, aspek penyajian 93,32% dengan kategori sangat valid, dan aspek kegrafikan 85,3% dengan kategori sangat valid. Kesimpulan yang diperoleh adalah buku elektronik memiliki kriteria sangat valid dan layak sebagai suplemen bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 May 2022 01:06
Last Modified: 10 May 2022 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37844

Actions (login required)

View Item View Item