Pengaruh Penambahan Crosslinker Terhadap Karakteristik Kompositselulosa Bakteri­ Ekstrak Rumput Laut (Eucheuma Cottonii)

Saputra, Yudha Dwi (2021) Pengaruh Penambahan Crosslinker Terhadap Karakteristik Kompositselulosa Bakteri­ Ekstrak Rumput Laut (Eucheuma Cottonii). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_YUDHA_DWI_SAPUTRA_17036064_4687_2021.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Selulsa bakteri banyak digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang biomedis seperti membran pemisahan, penutup Iuka sintetis, dan substrat untuk rekayasa j aringan tulang rawan. Selulosa bakteri memiliki sifat mekanik yang rendah, sehingga dibentuk suatu komposit selulosa bakteri dengan ekstrak rumput laut (SB-ERL) untuk mendapatkan bahan barn yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi cross/inker (tepung tepioka) pada sifat mekanik, struktur dan fisik dari KSB-ERL. Selulosa bakteri dihasilkan dari campuran air kelapa, urea dan gula, lalu difermentasi dengan acetobacter xylinum selama 15 hari. Selulosa bakteri yang dikompositkan dengan ekstrak rumput laut disebut komposit selulosa bakteri-ekstrak rumput laut (KSB- ERL). KSB-ERL akan dikarakterisasi dengan menguji kuat tarik, kuat tekan, kandungan air dan analisis struktur dengan FTIR. Hasil uji kuat tarik terbaik adalah KSB-ERL yang ditambahkan cross linker 2% dengan nilai 50, 10 MPa. Penambahan Cross/inker dapat mengurangi persentase kandungan air KSB-ERL, sedangkan hasil spektrum FTIR menunjukkan bahwa gugus fungsi yang terdapat pada selulosa hanya mengalami pergeseran. Penambahan cross/inker 2% menghasilkan kristanilitas yang tinggi dengan persentase 93,68% pada XRD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 May 2022 01:06
Last Modified: 10 May 2022 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37843

Actions (login required)

View Item View Item