Kreativitas Pengelola Perpustakaan Sekolah (Studi Kasus Perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi)

Ayuni, Rima Putri (2022) Kreativitas Pengelola Perpustakaan Sekolah (Studi Kasus Perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_RIMA_PUTRI_AYUNI_18234015_1145_2022.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk kreativitas pengelola perpustakaan serta factor yang mempengaruhi kreativitas pengelola perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengabsahan penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi telah memiliki kreativitas dalam menjalankan perpustakaan, hal ini dapat dilihat dari kreativitas pengelola dalam memberikan layanan yang diberikan kepada pemustaka diantaranya layanan podcast, layanan biblioterapi, layanan kacio sempati, layanan e-book dan layanan literasi budaya dimana semua layanan tersebut merupakan penerapan dari beberapa jenis literasi. Kreativitas pengelola perpustakaan tidak terlepas dari faktor yang mempengaruhi pengelola perpustakaan dalam mengembangkan kreativitas dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu pengetahuan kepustakawanan yang dimiiliki pengelola perpustakaan, gaya kepemimpinan serta lingkungan kerja di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:06
Last Modified: 28 Apr 2022 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37831

Actions (login required)

View Item View Item