Pelatihan Tari Ronggeng Bajamba Sebagai Materi Ekskul dengan Metode Tutor Sebaya Berdampak pada Keterampilan dan Kualitas Teknik Siswa

Fitrihayani, Nurul (2022) Pelatihan Tari Ronggeng Bajamba Sebagai Materi Ekskul dengan Metode Tutor Sebaya Berdampak pada Keterampilan dan Kualitas Teknik Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NURUL_FITRIHAYANI_17023182_905_2022.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang dampak penggunaan metode tutor sebaya dalam pelatihan tari Ronggeng Bajamba terhadap keterampilan dan kualitas teknik menari siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis data menggunakan data primer dan sekunder. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1-XI.9 SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 11 orang. Penelitian ini menerapkan metode tutor sebaya dalam pelatihan ekstraekstrakurikuler tari Ronggeng Bajamba. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi dan pengamatan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera, alat perekam suara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah hasil penerapan metode yang dilakukan.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan dari penerapan metode tutor sebaya sebagai materi ekskul berdampak keterampilan dan kualitas teknik siswa di SMP Negeri 12 Padang. Penerapan metode tutor sebaya berdampak pada meningkatnya keterampilan dan kualitas teknik siswa ditunjukan oleh keaktifan dan kemampuan menari siswa dalam pelatihan ekskul tari Ronggeng Bajamba dibandingkan dengan penerapan metode ceramah dan demonstrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:04
Last Modified: 28 Apr 2022 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37823

Actions (login required)

View Item View Item