Darsya, Khairul (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ansambel Sejenis Menggunakan Metode Drill di Kelas VIII.3 di SMP Pertiwi 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_6_KHAIRUL_DARSYA_17232035_546_2022.pdf Download (267kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hasil belajar siswa dalam bermain musik ansambel sejenis dengan lagu daerah setempat melalui metode drill di kelas VIII.3 SMP Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian kualitatif dengan Pendekatan Tindakan Kelas. Adapun teknik analisis data yang dilakukan adalah hasil penerapan tindakan yang dilakukan yakni menegumpulkan data sesuai yang dibutuhkan, mengklarifikasi data sesuai dengan bagian-bagiannya, mengklarifikasi data yaitu mengoreksi kesalahan data untuk mendapatkan data yang akurat, kemudian menganalisis dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar bermain musik ansambel sejenis dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas VIII.3 SMP pertiwi 2 Padang. Peningkatan pembelajaran siswa tampak pada kualitas proses yang ditunjukkan melalui antusias dan keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran seni musik. Peningkatanm pada kualitas hasil dapat dilihat dari peningkatan skor dan nilai rata-rata pada sebelum pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan tindakan. Nilai rata-rata kemampuan awal siswa yaitu: Pada siklus I nilai rata-rata menjadi 66.52% dan pada siklus II meningkat signifikan 86.08%. kenaikan nilai rata-rata mulai dari pertindakan hingga siklus II, mengalami peningkatan sebesar 19.5% dan telah memenuhi Ketuntasan Kelulusan Minimal 77. Dari hasil penelitian di atas diketahui bahwa melalui metode drill berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam bermain musik ansambel sejenis di kelas VIII.3 SMP Pertiwi 2 Padang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 07:04 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 07:04 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37821 |
Actions (login required)
View Item |