Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Program Studi PPKn FIS UNP.

Oktavia, Zola (2022) Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Program Studi PPKn FIS UNP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_3_ZOLA_OKTAVIA_16052078_2396_2021.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibelatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan mutu pelayanan di Perguruan Tinggi agar mampu bersaing dalam dunia pendidikan tinggi pada era globalisasi sekarang ini. Keberhasilan suatu perguruan tinggi sangat ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan, pelayanan yang bermutu dapat dinilai dari kepuasan mahasiswa terhadap mutu layanan tersebut. Namun, pada pelayanan program studi PPKn FIS UNP masih ada keluhan mahasiswa terhadap pelayanan tersebut. Pelayanan jasa dilingkungan program studi yang baik harus menentukan faktor penentu mutu jasa layanan yaitu : berwujud (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsivenese), kepastian (assurance) dan empati (emphaty). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pelayanan program studi PPKn FIS UNP dilihat dari aspek berwujud (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsivenese), kepastian (assurance), dan empati (emphaty) agar dapat dijadikan acuan bagi program studi PPKn FIS UNP untuk lebih baik lagi kedepannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukakn dengan menyebar angket kepada mahasiswa melalui form. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 mahasiswa. Jenis data yang diperlukan yaitu data primer dan sumber datanya mahasiswa program studi PPKn FIS UNP angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang dijadikan sampel. Waktu penelitian yaitu tanggal 19 Mei sampai dengan 30 Mei 2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert dengan alternatif jawaban Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup Baik (CB), dan Kurang Baik (KB). Hasil penelitian menunjukkan : 1. Pelayanan Akademik : a. Aspek tangible (sarana dan prasarana pendidikan) sebesar 72,5% dengan kategori cukup baik, b. Aspek reliability (kehandalan dosen dalam perkuliahan) sebesar 84,6% dengan kategori baik, c. Aspek responsivenes (sikap tanggap dosen) sebesar 86,25% dengan kategori baik, d. Aspek assurance (jaminan/perlakuan dosen kepada mahasiswa) sebesar 87,86% dengan kategori baik dan e. Aspek emphaty (pemahaman dosen terhadap kepentingan mahasiswa) sebesar 85,8% dengan kategori baik. 2. Kualitas Pelayanan Administrasi : a. Aspek tangible (sarana dan prasarana layanan administrasi) sebesar 82,5% dengan kategori baik, b. Aspek reliability (kehandalan staf admnistrasi dalam pelayanan) sebesar 82,5% dengan kategori baik, c. Aspek responsovenes (sikap tanggap staf admnistrasi dalam pelayanan) sebesar 81,9% dengan kategori baik, d. Aspek assurance (jaminan/perlakuan staf administrasi pada mahasiswa) sebesar 86,25 dengan kategori baik, e. Aspek emphaty (pemahaman staf admnistrasi terhadap kepentingan mahasiswa) sebesar 82,5% dengan kategori baik. Dengan demikian secara keseluruhan persepsi mahasiswa terhadap prlayanan program studi PPKn FIS UNP yaitu baik dengan persentase 83,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Program Studi, Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:03
Last Modified: 28 Apr 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37815

Actions (login required)

View Item View Item