Kesadaran dan Tanggung Jawab Mahasiswa FIS dalam Memanfaatkan Infrastruktur Kampus di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Nurhazifah, Nurhazifah (2022) Kesadaran dan Tanggung Jawab Mahasiswa FIS dalam Memanfaatkan Infrastruktur Kampus di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_3_NURHAZIFAH_16052019_3867_2021.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku mahasiswa FIS dalam memanfaatkan infrastruktur kampus dan faktor- faktor yang mempengaruhi kurangnya kesadaran dan tanggung jawab mahasiswa FIS dalam memanfaatkan infrastruktur kampus di Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Salah satu bentuk perilaku dapat dilihat dari kesadaran dan tanggung jawab. Kesadaran adalah suatu perilaku atau perbuatan yang dilakukan manusia tetapi manusia tersebut paham dan mengerti atas perbuatan yang dilakukannya. Sedangkan tanggung jawab merupakan suatu sikap seseorang yang secara sadar berani mau mengakui apa yang dilakukannya. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jenis data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan didukung oleh angket. Uji keabsahan kualitatif dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku mahasiswa dilihat dari kesadaran dan Tanggung Jawab. Kesadaran mahasiswa FIS dalam memanfaatkan infrastruktur kampus masih kurang dilihat dari sikap dan tindakan. Mahasiswa dalam memanfaatkan seperti masih banyak membuang sampah sembarangan dan tindakan mahasiswa melanggar aturan dalam pemanfaatannya sehingga memudarnya tanggung jawab sebagai mahasiswa dalam memanfaatkan infrastruktur kampus di FIS UNP. Adapun faktor internal yang mempengaruhi kurangnya kesadaran dan tanggung jawab dipengaruhi oleh kepribadian dan motivasi dalam diri. Sedangkan faktor eksternal di pengaruhi oleh lingkungan dan infrastrktur kampus yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Kesadaran, Tanggung Jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:02
Last Modified: 28 Apr 2022 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37808

Actions (login required)

View Item View Item