Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Bukittingggi.

Hardyanti, Nova (2022) Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Bukittingggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_3_NOVA_HARDYANTI_16052124_2399_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan upaya guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Bukittingggi, sering ditemukan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang meliputi; kurangnya perhatian dalam proses pembelajaran, dan rasa menyenangi pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, adapun data informan dalam penelitian ini adalah; sepuluh siswa kelas VIII.6, guru PPKn dan kepala sekolah. Data yang dibutuhkan adalah data primer dan sekunder yang didapatkan dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi, kemudian analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya disimpulkan untuk penulisan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran PPkn di SMP Negeri 3 Bukittinggi, menyangkut: a) suasana kelas belum sepenuhnya dalam keadaan kondusif dari setiap pelaksanaan proses pemebelajaran; b) belum seluruh siswa memperhatian penjelasan guru dengan baik; c) sebagian besar siswa kurang menyenangi pembelajaran PPKn; d) sebagian besar siswa sudah terlibat aktif dalam proses pembelajaran; e) kejelasan penyampaian materi pelajaran oleh guru belum dimengerti sebagaian siswa, dan; f) penggunaan metode dan media dalam proses pembelajaran telah meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Upaya-upaya guru dalam proses pembelajaran PPKn: a) guru telah memberikan dorongan agar siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajran PPKn; b) guru memberikan pertanyaan dan kesimpulan akhir dalam proses pembelajaran, serta memberikan metode dan media yang bervariasi dalam menyampaikan materi pelajaran PPKn agar matei yang di sampaikan dapat dimengerti siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Siswa, Pembelajaran, Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:02
Last Modified: 28 Apr 2022 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37806

Actions (login required)

View Item View Item