Pengaruh Penyerapan Zat Warna Rhodamine B Oleh Kulit Lengkeng (Euphoria Longan Lour) sebagai Adsorben Menggunakan Metoda Batch

Ali, Rini Kristina (2021) Pengaruh Penyerapan Zat Warna Rhodamine B Oleh Kulit Lengkeng (Euphoria Longan Lour) sebagai Adsorben Menggunakan Metoda Batch. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_RINI_KRISTINA_ALI_15036014_4919_2021.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Rhodamin B merupakan salah satu zat warna yang sangat berbahaya karena bersifat karsinogenik dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Limbah rhodamin B kebanyakan berasal dari limbah pabrik industri tekstil, batik dan makanan. Biosorpsi merupakan metoda alternatif untuk mengurangi keberadaan zat warna pada larutan dengan menggunakan biomaterial yang sering disebut biosorben. Kulit lengkeng yang digunakan sebagai biosorben telah terbukti dapat mengikat ion zat warna dengan adanya gugus aktif seperti: amina, hidroksil, karbonil dan karboksil yang dapat membentuk kompleks dengan ion zat warna. Penelitian ini menggunakan metoda batch dengan perlakuan variasi pH, ukuran partikel, waktu kontak dan kecepatan pengadukan. Hasil penelitian dari setiap variasi yang dilakukan didapat keadaan optimum terhadap penyerapan zat warna rhodamin B yaitu pada: pH optimum 5 ukuran partikel 106 µm, waktu kontak 180 enit dan kecepatan pengadukan 200 rpm dengan kapasitas serapan sebesar 29, 1806 mg/g. Studi isoterm adsorpsi yang dilakukan, persamaan Freundllich menghasilkan nilai koefisien regresi yang mendekati satu (R2 = 0,9746)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:07
Last Modified: 27 Apr 2022 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37798

Actions (login required)

View Item View Item