Pengembangan Media Video Storyline untuk pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X MIPA 1 di SMAN 3 Kerinci.

Cahyo, Padlan Dwi (2022) Pengembangan Media Video Storyline untuk pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X MIPA 1 di SMAN 3 Kerinci. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_2_PADLAN_DWI_CAHYO_15046007_4011_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media dalam pembelajaran sejarah khususnya media video, hal ini menjadi salah satu faktor kejenuhan dalam pembelajaran sejarah yang berakibat pada rendahnya pemahaman belajar sejarah. Pada materi sejarah yang bersifat abstrak tentunya akan membutuhkan media yang tepat untuk memvisualisasikannya, akan tetapi tidak semua materi yang dapat divisualisasikan dengan media video dalam pembelajaran sejarah, salah satu media yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan materi dalam pembelajaran sejarah pada materi corak kehidupan manusia pada masa praaksara adalah dengan menggunakan media video berbentuk storyline yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dari aspek pengetahuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu dengan menggunakan tiga tahapan dari empat tahap model pengembangan 4-D. Tahap penelitian ini adalah pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Kerinci pada Januari 2020. Subjek penelitian ini adalah uji validitas terdiri dari 2 orang dosen yaitu ahli media dan ahli materi, untuk uji praktikalitas yaitu terdiri dari 17 orang peserta didik dan 2 orang guru mata pelajaran sejarah di SMAN 3 Kerinci. Objek penelitian ini adalah media video storyline. Data penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari isian angket validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukan tingkat validitas video storyline berdasarkan materi yakni 86,53% dan analisis kelayakan media 82,35% sebelum diuji praktikalitasnya dalam pembelajaran, kelayakan uji viliditas berdasarkan materi dan media video materi keduanya termasuk dalam kategori valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru rata-rata 88,33% dengan kategori sangat praktis dan oleh peserta didik dengan rata-rata 85,84% dengan kategori praktis. Dari hasil Penelitian tersebut dapat dinyatakan Pengembangan Media Video Storyline Untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X MIPA I Di SMAN 3 Kerinci valid dan efektif digunakan sebagai media dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Storyline, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:06
Last Modified: 27 Apr 2022 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37783

Actions (login required)

View Item View Item