Pengembangan Media Timeline Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa

Nory, Laura Tsurayya (2022) Pengembangan Media Timeline Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_2_LAURA_TSURAYYA_NORY_15046040_2883_2021.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran yang secara maksimal menekankan pada aspek berpikir kronologis yang merupakan salah satu aspek dari berpikir historis. Media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana proses pengembangan media timeline interaktif untuk pembelajaran sejarah siswa SMA kelas XI. 2) Menganalisis kelayakan media dan keefektifan belajar setelah penggunaan media timeline interaktif tersebut untuk siswa kelas XI di SMAN 2 Padang. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 33 siswa SMA Negeri 2 Padang kelas XI IPS 2. Pada penelitian ini dilakukan uji kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media yaitu 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media untuk melihat kelayakan media sebelum dilakukan uji coba. Selain itu, juga dilakukan uji praktikalitas oleh guru Sejarah Indonesia kelas XI dan 33 orang siswa untuk melihat kepraktisan media timeline interaktif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari media timeline interaktif, angket uji validasi media, angket validasi materi, soal pretest dan posttest, dan angket praktikalitas penggunaan media timeline interaktif oleh guru dan siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa media timeline interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media berdasarkan penilaian dari ahli materi menyatakan media timeline interaktif sangat layak digunakan dengan data rerata penelitian sebesar 4,49, sedangkan kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli media menyatakan media timeline interaktif sangat layak digunakan dengan rerata penelitian terhadap media diperoleh skor 4,26. Produk penelitian efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa dengan n-gain 0,68 dan dikategorikan sedang. Produk penelitian juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai ratarata 4,75 dan 4,50.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:05
Last Modified: 27 Apr 2022 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37777

Actions (login required)

View Item View Item