Pengembangan Buku Panduan Penulisan Esai Sejarah Berdasarkan Analisis Historical Thinking.

Oktariano, Febry (2022) Pengembangan Buku Panduan Penulisan Esai Sejarah Berdasarkan Analisis Historical Thinking. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_2_FEBRY_OKTARIANO_16046113_3469_2021.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai persoalan seperti siswa belum mengetahui esai sejarah, pemberian tugas untuk mencapai kompetensi inti-4 belum maksimal, kurang variasinya pemberian tugas untuk kompetensi inti-4, dan belum adanya panduan menulis esai, khususnya esai sejarah. permasalahan itu diketahui dari hasil wawancara terhadap guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa buku panduan penulisan esai sejarah berdasarkan analisis Historical Thinking yang layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan prosedur model 4D. Tahapan pada model 4D terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Tetapi karena menimbang keterbatasan waktu dan biaya, hanya menggunakan tiga tahap dari model 4D yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Tahap-tahap yang dilakukan untuk menghasilkan buku panduan penulisan esai sebagai berikut; (a) define, mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran sejarah di sekolah, setelah masalah dianalisis dicarikan solusi dari masalah tersebut. (b) tahap design, membuat rancangan buku panduan dengan menyusun substansi isi buku panduan penulisan esai berupa petunjuk tahapan menulis esai sejarah tersebut. (c) tahap develop, melakukan uji validasi untuk melihat kelayakan buku panduan penulisan esai sejarah yang melibatkan ahli analisis Historical Thinking dan ahli penulisan esai. Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh validator dilihat dari tingkat capaian analisis Historical Thinking pada esai sejarah yang terdapat pada angket adalah 92% , artinya analisis Historical Thinking pada esai sejarah yang ditulis sebagai contoh dikategorikan sangat layak. Hal ini juga terlihat pada analisis rata-rata skor per item, hasil rata – rata per item 3,66 dikategorikan sangat layak. Sedangkan hasil uji kelayakan oleh validator dilihat dari tingkat capaian produk panduan penulisan esai sejarah yang terdapat pada angket adalah 92%, artinya langkah panduan buku penulisan esai sejarah dikategorikan sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Historical Thinking, Esai Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:05
Last Modified: 27 Apr 2022 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37774

Actions (login required)

View Item View Item