Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMAN 7 Padang

Kristalia, Azizah (2021) Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_AZIZAH_KRISTALIA_17035128_ 5413_2021.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Materi larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari siswa kelas X MIP A di SMAN 7 Padang tahun ajaran 2020/2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal dan 5 pilihan jawaban yang valid, reliabel dan daya pembeda soal serta indeks kesukaran dengan kriteria baik. Tingkat efektivitas e- modul dianalisis dari nilai uji n-gain. Dari hasil penelitian diperoleh n-gain pada kelas eksperimen 0,6 sedangkan pada kelas kontrol 0,5 dengan kategori sedang. Sehingga e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:31
Last Modified: 22 Apr 2022 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37757

Actions (login required)

View Item View Item