Pengembangan Media dan Sumber Belajar Film Pendek Kolaboratif (Collaborative Short Movie) pada Materi Mitigasi Bencana Alam di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang

Putra, Wahyu Nanda (2022) Pengembangan Media dan Sumber Belajar Film Pendek Kolaboratif (Collaborative Short Movie) pada Materi Mitigasi Bencana Alam di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_1_WAHYU_NANDA_PUTRA_15045088_2982_2021.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan media video dan sumber belajar film pendek kolaboratif pada materi mitigasi bencana alam untuk XI IPS 3 di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang, 2) Mengetahui kelayakan media video dan sumber belajar film pendek kolaboratif pada materi mitigasi bencana alam untuk siswa kelas XI IPS 3 Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Desain penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 25 orang dan objek penelitian adalah media dan sumber belajar film pendek kolaboratif pada materi mitigasi bencana alam untuk siswa kelas XI IPS 3 di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Model pengembangan produk yang di gunakan adalah Borg and Gall dengan langkah yang telah di sederhanakan yaitu: 1) Perencanaan: analis materi dan analisis RPP, 2) Pengembangan Draft Produk: Pra produksi, Produksi, dan Pasca Produksi, 3) Validasi ahli: oleh ahli media dan ahli materi, 4) Uji Kelayakan: oleh ahli media, materi dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Penilaian kelayakan melibatkan ahli media, ahli materi dan siswa kelas XI IPS 3 Si SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dihasilkannya media video dan sumber belajar berupa film pendek kolaboratif pada materi mitigasi bencana alam yang sesuai dengan materi dan RPP yang digunakan pada SMA Pembangunan laboratorium Universitas Negeri Padang, 2) Hasil pengujian kelayakan dari ahli materi pada kategori layak dengan frekuensi relatif sebesar 100% dan, ahli media pada kategori layak dengan frekuensi relatif sebesar 80% maka media ini layak diujikan kepada siswa. Dari hasil uji coba kepada 25 siswa kelas XI IPS 3 hasilnya adalah 91,7% tergolong dalam kategori sangat layak, sehingga menyatakan media dan sumber belajar film pendek pada materi mitigasi bencana alam layak digunakan sebagai media dan sumber belajar bagi siswa kelas XI IPS 3 di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Sumber Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:29
Last Modified: 22 Apr 2022 06:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37751

Actions (login required)

View Item View Item